17/08/2017

Ini Potret Tradisi 17an di Bonapasogit

Martumba dalam rangka HUT72RI di Bonapasogit
Foto: HN 
Kemeriahan 17 Agustus yang setiap tahunnya di peringati oleh Warga Negara Indonesia sebagai hari Kemerdekaan Republik Indonesia, sangat beraneka ragam. Dari sabang sampai merauke, memiliki cara tersendiri dalam memperingati hari besar keneraan tersebut.

Demikian halnya Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI di Bonapasogit, khususnya Bonapasogit Nainggolan.
Dari sejumlah rangkaian acara yang di gelar, martumba atau menggelar tari-tarian tradisional menjadi salah satu hiburan yang paling banyak mengundang perhatian warga yang turut hadir dalam acara tersebut.

Martuba, tidak hanya untuk kalangan tertentu. akan tetapi bagi Martuma di gelar oleh berbagai kalangan, yakni mulai dari anak PAUD, TK, SD, SLTP dan SLTA bahkan kalangan orang tua atau Lanjut Usia. Memperoleh sumbangan spontan dari para penonton untuk setiap penampilan mereka, tentu bukanlah tujuan utama melainkan keinginan untuk ikut berpartisipasi dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI di Bonapasogit.

Kegiatan ini menjadi suatu tradisi dalam setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI di Bonapasogit, ibarat masakan khas Batak Toba tanpa andaliman, 17an sera tidak lengkap tanpa Martumba.

Seperti apa kegiatan Martumba di Bonapasogit dalam hal Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke 72 Tahun ini? berikut videonya kami sajikan untuk anda.

Artikel Terkait

Untuk kritik dan saran terkait tulisan ini, hubungi kami melalui kotak yang tersedia. Salam Bonapasogit. Terimakasih