12/09/2017

Akankah Nama Bandara Silangit Diganti?

 

Akhir bulan oktober mendatang, rencananya Bandara Silangit akan di resmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan melalui akun facebooknya Senin 11 September 2017. "Kalau mau maju, semua harus kompak. Tidak ada cara lain. Tapi kalau sudah maju, jangan sampai kebudayaan kita hilang terkikis modernisasi. Budaya adalah kekayaan Bangsa yang harus selalu kita jaga dan kembangkan." demikian Luhut Binsar Panjaitan berpesan kepada warga Bonapasogit secara khusus dan Indonesia pada umumnya.

Jauh sebelum rencana peresmian Bandara Silangi menjadi Bandara Internasional, usul dan pertanyaan terkait diganti tidaknya nama Bandara Silangit sudah muncul dari berbagai kalangan. Pada bulan Fabruari 2016 lalu, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan mengusulkan Munson Lyman menjadi nama Bandara Silangit. Sementara baru-baru ini, Ketua Dewan Ulama dari Jamiyah Batak Muslim Indonesia Syeikh Ali Akbar mengusulkan Bandara Silangi diberi nama Bandara Bandara Sisingamangaraja XII. Bahkan Syeikh Ali Akbar mengklaim bahwa Presiden sudah setuju pada intinya Bandara Silangit mau diubah menjadi nama pahlawan.

Tidak sedikit yang setuju dengan usul yang disampaikan oleh Ketua Dewan Ulama dari Jamiyah Batak Muslim Indonesia Syeikh Ali Akbar tersebut. Tetapi banyak juga yang berpendapat agar nama Bandara Silangit, hal ini juga datang dari tanggapan warga disekitar daerah Bandara Silangit. Selain usul yang disampaikan oleh Bupati Tapanuli Utara dan Ketua Dewan Ulama dari Jamiyah Batak Muslim Indonesia tersebut, usul nama-nama baru untuk Bandara Silangit juga datang dari warganet. Mulai dari nama Bandara Internasional Toba, Bandara Internasilan Nomensen dan yang lainnya.

Namun sejauh ini, rencana penggantian nama Bandara Silangit belum resmi dan masih hanya sebatas usul. Bahkan orang yang dikenal sangat dekat dengan Presiden Jokowi yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, belum pernah menggubris terkait penggantian nama Bandara yang menjadi satu-satunya pintu masuk lewat udara paling cepat menuju objek wisata kebanggaan Sumut itu. Akan tetapi, mungkinkan Presiden Jokowi akan membuat suatu kejutan dengan menyetujui penggantian nama Bandara Silangit bersamaan pada saat peresmiannya nanti?

Artikel Terkait

Untuk kritik dan saran terkait tulisan ini, hubungi kami melalui kotak yang tersedia. Salam Bonapasogit. Terimakasih