05/09/2017

Buah Tanaman Ini, Menjadi Nilai Plus Masakan Khas Batak

Indonesia yang kaya dengan keanekaragaman suku dan bahasa daerahnya juga unik dengan beraneka ragam kulinernya. Demikian halnya dengan Bonapasogit. Bagi sebagian besar warganya yang sudah merantau kesejumlah kota-kita besar di Indonesia bahkan keluar negeri, tentu akan selalu merindukan kampung halaman yang akrab disebut dengan istilah Bonapasogit.
Situasi kebersaamaan di usia dini hingga beranjak dewasa, kebiasaan yang sejak dini sudah didik hidup keras membantu orang tua mencari nafkah di ladang hingga saat-saat bermain di pinggiran Danau Toba bersama teman sekolah maupun teman sebayanya dan suasana lainnya yang tidak ditemukan di tempat rantau, menjadi alasan bagi mereka untuk tidak lupa akan kampung halaman.


Mengingat jarak yang sudah cukup jauh dari tempat rantau masing-masing ke kampung halaman dan juga waktu yang tentu saja tidak semudah saat berada dikampung. Mereka memiliki cara tersendiri untuk mengobati kerinduan akan kampung halaman. Mulai dari komunikasi yang kini didukung denga kecanggihan teknologi mutakhir hingga berinterasi melalui sejumlah perkumpulan marga demi marga di tanah rantu.

Sementara untuk urusan makanan, dengan keberadaan sejumlah rumah makan khas Batak di daerah rantau masing-masing, boleh jadi hal itu tidak terlalu sulit. Kecuali bagi mereka yang merantau di Luar Negeri. Akan tetapi, merkeka pada umumnya merasa belum puas dengan apa yang mereka dapatkan dari sejumlah kuliner di perantauan, sekalipun itu merupakan kuliner yang diperoleh dari rumah makan khas batak. Kenapa..?

Karena salah satu resep masakan yang mereka dapatkan, tidak dilengkapi dan atau jarang ditemukan. Lalu resep apa sih yang tergolong jarang mereka dapatkan itu?

Andaliman. Biji bijian dari salah satu tanaman khas Batak Toba ini, ternyata cukup susah ditemukan diluar Bonapasogit. Kalaupun ada, tentu akan di bandrol dengan harga yang mahal dan atau butuh usaha yang cukup untuk memperolehnya.
Keunikan biji andaliman yang hanya dapat tumbuh umumnya di Bonapasogit ini, cukup terkenal dan sangat akrab bagi orang Batak. Bahkan saking uniknya, cita rasa masakan khas Batak Toba tidak akan lengkap tanpa andaliman.

Andaliman sendiri dapat diracik untuk berbagai jenis masakan khas Batak Toba. Mulai dari Panggang, Saksang, Arsik bahkan untuk sambal maupun ulekan.
Tak heran jika istilah Masaka Khas Batak tidak lengkap tanpa andaliman yang rasanya menggetarkan lidah.

Artikel Terkait

Untuk kritik dan saran terkait tulisan ini, hubungi kami melalui kotak yang tersedia. Salam Bonapasogit. Terimakasih