11/09/2017

Lima Jenis Buah Ini Ingatkan Masa Kecil Anda Di Bonapasogit

Sebagai anak rantau, siapa yang tidak merindukan kampung halaman. Bahkan bertemu dengan teman sekampung saja, tentu anda akan merasa senang dan selalu ada hal yang pasti dibasah menyangkut Bonapasogit.

Masa kecil yang banyak di isi dengan hal-hal lucu dan unik hingga terkesan keras karena sejak kecil sudah ikut berperan dalam menopang ekonomi keluarga yakni membantu orang tua mencari nafkah yang pada umumnya bersumber dari hasil tani dan nelayan di Bonapasogit, banyak hal yang sulit untuk dilupakan hingga beranjak ke usia remaja.

Hampir setiap hal yang dilakukan menyimpan kenangan yang suatu saat melintas di ingatan, menumbulkan rasa lucu, rindu dan haru. Bagaimana tidak, selain dituntut bersekolah, dulunya anak-anak yang tinggal di Bonapasogit, kerap dilibatkan bekerja. Mulai dari mengembalakan ternak kerbau, mencari kayu, mengangkat air ke sungai maupun danau hingga pekerjaan lainya yang di perintahkan orang tua masing-masing.

Selain rasa lelah dalam hal melakukan pekerjaan tersebut, ada hal lain yang kadang membuat mereka tidak begitu menghiraukan beban dari pekerjaan yang dilakukan, sekalipun tak jarang dilabrak manakala melakukan kesalahan kecil sekalipun.

Semua hal saat tinggal dikampung bersama orang tua maupun sanak family, tentu tidak akan mudah dilupakan begitu saja. Karena ada saja hal-hal yang mengingatkan kita tentang masa-masa tinggal di Bonapasogit, salah satunya yaitu dengan melihat potret berikut ini.

1.Sotul atau buah kecapi.
Buah dengan rasa asam dan manis ini, cukup melakat bagi anak-anak Bonapasogit. Buah yang umumnya digunakan sebagai salah satu bahan untuk memasak ikan atau Naniarsik ini, juga banyak diminitai anak-anak di Bonapasogit, lucunya tak sedikit yang mau menelan batunya, Dapat dibayangkan apa yang keluar ke esokan harinya..hehehe.

2.Sanduduk.
Buah tanaman liar ini juga dikenal dengan nama Senduduk atau Kaduduak (beda daerah beda nama). Tentu hal ini tidaka asing lagi bagi anda yang dulu sering disuruh mengembalakan kerbau di Bonapasogit. Rasanya yang manis dengan warna hitam atau ungu ketika dimakan, menjadikan buah ini sebagai salah satu makanan yang di incar para pengembala kerbau di Bonapasogit.

3.Harimonting.
Buah tanaman yang umumnya terdapat banyak di daerah perbukitan Pulau Samosir ini, juga menjadi salah satu buah yang sering di makan oleh anak-anak yang mengembalakan kerbau, mencari rumput dan juga mencari kayu bakar di Bonapasogit.

4.Birong-Birong
Birong-birong atau nama lain sesuai daerah masing-masing ini, merupakan buah dari tanaman sejenis gulma yang rasanya mirip denan rasa sanduduk. Cukup mudah ditemukan di berbagai tempat bahkan di pinggir jalan Bonapsogit, saking mudahnya, buah birong-birong ini sering di makan oleh anak-anak sepulang sekolah. Sambil berjalan pulang sekolah, tak jarang buah birong-birong di incar untuk di makan hingga warna lidah berobah menjadi ungu.

5.Pultak-Pultak
Pultak-pultak atau ciplukan ini merupakan tanaham yang tumbuh subur di daerah Bonapasogit. Paling sering tumbuh berbaur dengan tanaman kacang tanah. Sehingga tak jarang buah pultak-pultak dimakan sembari mencabut kacang atau saat bekerja di ladang. Tampak sepele namun ternyata pultak-pultak atau ciplukan cukup mahal karena memiliki berbagai jenis manfaat untuk kesehatan.

Selain kelima jenis buah tersebut diatas, tentu masih banyak lagi jenis buah lain yang mungkin anda kenal dan atau sudah pernah anda makan saat masa kecil di Bonapasogit. Dan dari kelima jenis buah diatas, tentu ada yang dapat mengingatkan anda dengan sejumlah kenangan ketika anda masih tinggal di Bonapasogit. 

Artikel Terkait

Untuk kritik dan saran terkait tulisan ini, hubungi kami melalui kotak yang tersedia. Salam Bonapasogit. Terimakasih