23/09/2017

Berkhasiat, Lokasi Ini Cukup Banyak Dikunjungi

Selain memiliki segudang keindahan alam dengan pesona Danau Toba yang cukup memukau, sujumlah daerah di kawasan Danau Toba juga menyimpan jejak sejarah dan legenda yang unik. Salah satu diantaranya adalah Aek Sipangolu.

Konon Raja Sisingamangaraja I berhenti di sebuah tempat persisnya di lereng gunung untuk memberi gajahnya minum karena sudah lelah dan kehausan dalam perjalanan. Namun di lokasi itu tidak ada sumber air. Lalu sang Raja Sisingamangaraja I berdoa kepada Sang Pencipta (Mula Jadi Nabolon), lalu menancapkan tongkat saktinya kesebuah batu. Air jernih pun keluar dan mengalir dari batu tersebut.
Semenjak kisah itu, hingga saat ini mata air bersejarah tersebut ternyata masih mengalir deras, uniknya lagi, mata air yang mengalir dari batu tersebut akan tetap jernih sekalipun musim hujan berlangsung dan tak pernah kering dikala musim kemarau panjang.
Aek Sipangolu-Bakkara Kec.Bakti Raja Humbahas

Selain bersejarah, warga setempat juga meyakini mata air tersebut memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Baik dengan di munum maupun dimandikan. baca juga Festival Danau Toba 2017, Ini Lokasi Yang Sayang Jika Dilewatkan
Ternyata, khasiat dari mata air inilah menjadi latar belakang nama mata air tersebut diberi nama Aek Sipangolu atau Air Kehidupan.
Lokasi Aek Sipangolu-Bakkara Kec.Bakti Raja Humbahas

Dari sejumlah pengalaman dan kesaksian orang yang sudah membuktikan khasiat Aek Sipangolu yang kian santer keberbagai daerah, menjadi daya tarik tersendiri hingga tak jarang lokasi Aek Sipangolu banyak di kunjungi, baik untuk melihat langsung keunikan Aek Sipangolu, berobat, hingga berjiarah. Berjarak 5 Km dari Istana Raja Sisingamangaraja Kecamatan Bakti Raja atau sekitar 11 Km dari pelabuhan Muara Kab.Tapanuli Utara, lokasi Aek Sipanglu juga berada persis di tepian Danau Toba.

Artikel Terkait

Untuk kritik dan saran terkait tulisan ini, hubungi kami melalui kotak yang tersedia. Salam Bonapasogit. Terimakasih