17/09/2017

Pohon Segudang Manfaat Ekonomi Hingga Bisa Bikin Mabuk

Pohon aren atau borta dalam bahasa batak, sangat terkenal. Pohon yang memiliki kisah dalam berbagai versi khususnya di daerah etnis batak Sumatera Utara, Dalam versi batak toba, legenda pohon aren menggambarkan suatu pengorbanan seorang kepada keluarga karena kondisi ekonomi yang memprihatinkan, beranjak dari kisah legenda itu, orang batak toba menamai pohon ini sebagai "bagot".

Selain kisahnya yang unik, dalam kehidupan nyata, mengelola pohon aren memang suatu usaha yang cukup menjanjikan. Mengingat pemanfaatan dari seluruh bagian pohon aren yang seakan tidak ada habisnya. Mulai dari daun yang dapat di manfaatkan untuk membuat sapu lidi dan atap gubuk, buahnya yang dapat di olah sebagai makanan atau kolang kaling, batangnya yang bisa digunakan untuk kayu cangkul, ijuk yang dapat di manfaatkan sebagai sapu dan tali hingga air hasil sadapannya yang boleh di olah sebagai gula serta minuman.

Bagi orang batak, manfaat dari pohon aren lebih populer dengan minuman "tuak", minuman yang disadap dari pohon ini, menjadi satu-satunya minuman beralkohol paling gampang ditemui di Bonapasogit. Harganya yang cukup terjangkau dengan rasa dan aroma yang khas, minuman berkadar rendah alkohol ini menjadi sebuah media yang dapat mempertemukan satu sama lain kaum bapak-bapak maupun pemuda di Bonapasogit melalui ketersediaanya yang sudah menjamur, yakni warung atau lebih dikenal lapo tuak.

Maka jangan heran, jika usaha warung/lapo tuak sangat menjamur di Bonapasogit khususnya daerah Samosir, Tobasa, Humbahas, Simalungun dan lainnya. Uniknya lagi, minumah yang di sadab dari pohon segudang manfaat itu, cukup bersahabat jika di padukan dengan berbagai makanan khas batak toba yang pada dasarnya sangat menguntungkan bagi pemilik warung. Mungkin hal inilah yang menjadi latar menjamurnya lapo tuak di Bonapsogit.

Jika ditelisik lebih luas lagi, pengembangan hasil dari pohon aren ternya tidak hanya berputar disitu saja. Hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan tan kolang kaling sebagai salah satu obat asam urat yang menurut sejumlah pengguna menyebutkan bahwa kolang kaling sangat manjur untuk mengobati asam urat. Tuak sendiri memiliki manfaat yang tak sedikit bagi kesehatan tubuh. Jika di teliti dan dikelola secara modern sesuai perkembangan jaman, tentu bukan hal yang tidak mungkin jika suatu saat nanti pohon aren akan mendapat perhatian untuk dikembangkan.

Artikel Terkait

Untuk kritik dan saran terkait tulisan ini, hubungi kami melalui kotak yang tersedia. Salam Bonapasogit. Terimakasih