08/09/2017

Potret Sibolang Versi Bonapasogit

Majunya teknologi ternyata tidak membeda-bedakan usia, khususnya untuk dunia gadget dan internet. Kedua teknologi yang saling mengisi satu sama lain ini, kain di gandrungi, baik itu kalangan dewasa, remaja bahkan anak-anak.

Untuk urusan manfaat, kedua teknologi tersebut tentu memiliki dua sisi yang berbeda. Disatu sisi, manfaat perkembangan teknologi sangat membantu, selain menghemat jarak dan waktu dalam berkomunikasi, gadget dan internet juga dapat menopang bertumbuhnya sejumlah ekonomi kreatif baru di berbagai belahan dunia dan sejumlah manfaat positif lainnya. Disisi lain, manfaat gadget dan internet juga rentan merusak mental maupun moral pengguna bilamana pemakaiannya sudah menyimpang atau tidak dalam pengawasan orang tua, khususnya bagi kalangan anak-anak maupun remaja.

Pesatnya perkembangan teknologi juga berdampah terhadap kehidupan sosial di lingkungan anak-anak. Saking meleknya, tak jarang kalangan anak-anak maupun remaja menghabiskan waktu di sejumlah warnet multi fungsi yang kian menjamur. Bukannya belajar sebagaimana biasanya dijadikan alasan pamit kepada orang tua ketika hendak keluar rumah, melainnya sibuk dan betah berlama-lama bermain PS di warnet ataupun lewat gadget. Bahkan tak sedikit dari mereka terjerumus kedalam pergaulan bebas akibat penggunaan gadget dan internet yang telah salah arah.

Untung saja, pengaruh akan kemajuan teknologi khususnya gadget dan internet tersebut belum sepenuhnya merengut semua kehidupan sosial anak-anak. setidaknya masih terdapat banyak anak-anak Bonapasogit yang lebih menikmati kehidupan dunia anak-anak dengan suasana kampung yang penuh damai. Hal tersebut dapat dilihat dari sejumlah potret anak-anak Bonapasogit karya Boss Maruly yang diposting melalui akun Instagram berikut ini.

Bermain ban bekas diatas jalan yang melintang diantara persawahan

Mandi dan bermain bersama di Danau Toba
Membantu Orang Toa di Sawah
Di atas Sampan

Indah bukan? dari sejumlah potret-potret ini, anda tentu memiliki pengalaman atau kenangan yang sama dengan adik-adik kita ini sewaktu masih tinggal di Bonapasogit. Kenangan anda yang mana....? 

Artikel Terkait

Untuk kritik dan saran terkait tulisan ini, hubungi kami melalui kotak yang tersedia. Salam Bonapasogit. Terimakasih