30/09/2017

Suka Gonta Ganti Ponsel, Kontak Tidak Hilang. Begini Caranya

Dijaman yang semakin maju ini, smartphone tak lagi sekedar alat komunikasi. Selain aksesnya yang kian merambah ke sejumlah kebutuhan pengguna, telepon pintar alias smartphone juga menjadi salah satu media paling simpel untuk melihat dunia dari tangan kita.
Seiring peningkatan teknologi, smartphone juga melakukan penyesuaian dengan hadirnya model atau type-type baru yang akhirnya banyak pengguna tergiur untuk memiliki ponsel pintar dengan model terbaru.
Hal ini juga yang membuat pengguna samrtphone hingga suka gonta ganti ponsel. Lalu bagaimana dengan kontak telepon yang terseimpan di memory telepon, memory eksternal maupun di kartu sim? Memindahkan secara manual tentu saja cukup ribet, belum lagi jika smartponnya hilang, tentu sangat menyusahkan pengguna smartphone karena harus mencari-cari kontak telepon, baik nomor-nomor penting rekan kerja, keluarga atau sahabat.

Lalu bagaimana caranya agar kontak telepon tetap ada sekalipun anda suka ganti smartphone maupun bilamana ponsel anda hilang? Ponsel dengan os Android sebenarnya sudah di lengaki dengan layanan google contact yang dapat menyimpan kontak telepon melalui sinkronisasi, sehingga secara otomatis kontak yang kita simpan di smartphone akan disalin ke akun google dengan cara berikut:

  1. Dalam posisi data internet terhubung.
  2. Masuk ke menu pengaturan/setting
  3. Croll ke bawah lalu pilih Akun (sesuaikan jenis smartphone masing-masing)
  4. Pilih google lalu centang atau aktifkan tab sinkron kontak dan sinkron detail orang
  5. Kembali ke layar utama.
Dengan demikian, maka seluruh kontak yang ada di telepon akan tersinkron dan disalin ke akun google secara online. Atau anda juga dapat mencoba cara ini:
  1. Masuk ke menu kontak telepon (biasa di tulis dengan kontak)
  2. Pilih tambah kontak
  3. Lalu tentukan lokasi penyimpan kontak ke akun google/gmail anda
  4. Isi Nama, Nomor dll kemudian simpan.
  5. Kontak akan disimpan ke akun anda secara online
Ketika kita ganti smartphone, maka kita cukup login menggunakan akun gmail yang kita gunakan di ponsel sebelumnya lalu aktifkan layanan sinkron seperti cara pertama diatas, kemudia cek kontak anda, maka anda akan melihat seluruh kontak dari ponsel lama akan muncul kembali di smartphone baru anda. Jika ada pertanyaan terkait tulisan ini, silahkan komen di kolom komentar. 

Artikel Terkait

Untuk kritik dan saran terkait tulisan ini, hubungi kami melalui kotak yang tersedia. Salam Bonapasogit. Terimakasih