15/09/2017

Teman Dalam Gelap, Dulu Anda Pakai Yang Mana?

Banyak yang mengeluh ketika subsidi listrik di cabut, sekalipun subsidi dimaksud di alihkan ke daerah yang sama sekali belum pernah merasakah manfaat listrik sebagaimana orang lain rasakan di daerah-daerah yang sudah lama dialiri listrik. Pun demikian, pemerintah tidak serta merta mencabut seluruh subsidi bila mana warga dimaksud memang dinyatakan layak menerima subsidi.

Bicara soal listrik, apa yang saudara-saudara kita rasakan (daerah yang masih baru dijangkau listrik) juga pernah kita rasakan. Khususnya di Bonpasogit.
Jauh sebelum Bonapasogit dialiri listrik, setidaknya ada empat model alat penerangan jadul yang digunakan. Walupun benda-benda tersebut kini sudah langka dan antik, namun kesan menggunakan alat-alat penerangan jadul ini, pasti masih bisa di ingat.

Alat penerangan jadul berikut, tentu pernah anda miliki atau anda pakai. Setidaknya ada empat jenis alat penerangan jadul yang pernah di gunakan sebelum beralih ke jaman listrik. Berikut alat penerangan jadul yang dihimpun redaksi Bonpasnews untuk anda.


Lampu Teplok
Berbahan minyak tanah dilengkapi sumbu pendek dan kaca pelindung, lampu ini dulunya hampir merata digunakan di Bonapasogit sebagai alat penerangan dimalam hari. Walau kadang menjengkelkan, noda hitam pada bagian hidung akan tampak saat bangun di pagi hari akibat asap yang bersumber dari lampu teplok ini.

Lentera
Merupakan jenis penerangan tempo dulu yang masih satu kelas dengan lampu teplok. Bedanya, lampu ini sudah mengalami sedikit peningkatan pada bentuk fisiknya dan dapat dibawa saat melakukan perjalanan malah hari keluar rumah. Lentera ini juga pada umumnya digunakan oleh para penyedia jasa transportasi di Danau Toba (Solu Bolon).

Lampu Gas.
Dulu, warga yang sudah menggunakan alat ini sudah termasuk golongan keluarga mampu. Cahanya yang cuku terang dan lebih luas, menempatkan harga alat jadul ini dahulu cukup mahal. Measih menggunakan bahan bakar minyak tanah dan sedikit gas pemancing, alat ini juga dilengkapi kaca pengaman dan kaleng penutup yang berpungsi meminimalis perambahan cahaya, sehingga cahaya yang dihasilkan dapat fokus secara horizontal. Akan teapi lebih beresiko menimbulkan kebakaran karena gampang meledak.

Senter Batrai.
Benda yang satu ini, merupakan salah satu bagian dari sejumlah alat-alat elektronik yang sumber tenaganya menggunakan batrai. Berbahan kaleng dengan bola lampu kecil, disertai tombol unik dengan warna khas merah. Alat yang satu ini cukup merata dimiliki oleh warga Bonapasogit, bentuknya yang simpel, menggantikan penggunaan lentera, teplok dan obor manakala hendak keluar rumah dimalam hari. Dari ke empat alat penerangan jadul ini, apa saja yang pernah anda gunakan? cerita di komen ya.


Artikel Terkait

Untuk kritik dan saran terkait tulisan ini, hubungi kami melalui kotak yang tersedia. Salam Bonapasogit. Terimakasih