11/10/2017

Lakukan Hal Ini Sebelum Nomor Ponsel Anda Diblokir

Kominfo akan segera mewajibkan seluruh pelanggan jasa komunikasi seluler di tanah air melakukan validasi data pelanggan dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Eletrik dan juga Kartu Keluarga (KK). Baik pelanggan lama maupun pelanggan baru, aturan tersebut akan segera di berlakukan terhitung sejak tanggal 31 Oktober 2017.

Bersama Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, Kemendagri u.p. Dirjen  Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan seluruh penyelenggara jasa telekomunikasi, Kemenkominfo telah melakukan langkah koordinasi serta kesiapan teknis implementasi PM Kominfo No. 12 Tahun 2016 dan perubahannya.

Tidak bisa mengaktifkan kartu perdana serta pemblokiran secara bertahap akan dilakukan bagi pelanggan baru dan lama yang tidak melakukan registrasi maupun validasi, menjadi salah satu sangsi dari beberapa poin penting yang nantinya diterapkan oleh pemerintah.
Jadi bagi anda pelanggan lama maupun baru, berikut cara aktivasi maupun validasi nomor telepon seluler sesuai aturan diatas.

Cara registrasi kartu perdana:
Kirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#.

Untuk validasi pelanggan lama dengan format ULANG#NIK#Nomor KK# . 
Pastikan data (NIK dan NO.KK) yang dikirim sesuai dengan NIK yang tertera di Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP–el) dan KK agar proses validasi ke database Ditjen Dukcapil dapat berhasil.

Artikel Terkait

Untuk kritik dan saran terkait tulisan ini, hubungi kami melalui kotak yang tersedia. Salam Bonapasogit. Terimakasih