Friday, 27 April 2018

Belum Registrasi Ulang Kartu Prabayar. Ini Yang Terjadi Mulai 1 Mei 2018

Sanksi pemblokiran total bagi pelanggan kartu prabayar yang belum melakukan registrasi ulang, sepertinya bukan hanya sekedar isapan jempol belaka. Baru-baru ini, website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia meliris informasi terkait pemberian sanksi bagi para pelanggan kartu prabayar di tanah air.

Dikutip dari website Setkab, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Registrasi Kartu Prabayar Seluler, nomor kartu prabayar layanan seluler yang belum meregistrasi sampai dengan 1 April, akan diblokir total per 1 Mei 2018.
Dirjen Penyelenggaraan Pos Kominfo Prof Ahmad M. Ramli menyampaikan, operator telekomunikasi seluler wajib melakukan pemblokiran layanan pada 1 Mei 2018 bagi nomor prabayar yang belum registrasi ulang, kecuali layanan SMS Registrasi ke 4444 yang tepat terlayani sepanjang masa laku kartu belum berakhir.

Disatu sisi, kebijakan tersebut cukup berdampak terhadap pemurunan jumlah penjualan kartu perdana, karena batas jumlah kepemilikan nomor seluler untuk setiap orang hanya dibolehkan 3 nomor saja. Namum demikian, sisi positif dari kebijakan pemerintah tersebut, cukup besar dalam hal kenyamanan dan perlindungan data pribadi pengguna kartu prabayar. Mengingat maraknya penipuan maupun tindakan yang merugikan pihak tertentu dengan menggunakan telepon seluler yang selama ini dengan sangat mudahnya memperoleh kartu perdana seluler di tanah air.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon