Wednesday, 25 April 2018

Peserta Pertemuan Bank Dunia di Washington DC Pakai Ulos Batak

Baru-baru ini peserta Dana Moneter Internasional IMF dan Bank Dunia melakukan pertemuan tahunan di Washington DC. Pertemuan yang juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo tersebut, berlangsung beberapa hari.

Selain untuk mengikuti pertemuan yang membahas tentang kebijakan keuangan dunia, pemerintah Indonesia yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Gubernur Bank Indonesia juga memperkenalkan Indonesia yang kaya akan keanekaragaman budaya melalui pemberian cendera mata untuk para peserta. Dikutip dari VOA Indonesia, salah satu dari peserta pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional IMF dan Bank Dunia yakni Christine Lagarde (Direktur IMF) memuji tenunan ulos saat para wartawan menanyakan terkait ulos yang ia kenakan pada sesi foto dan konfrensi pers (21/4).

Menurut Kerri Panjaitan yang ditugasi untuk mengawasi secara langsung pembuatan ulos, menyebutkan bahwa jenis ulos yang dijadikan sebagai cendera mata pada pertemuan tersebut adalah jenis ulos harungguan dengan melibatkan desainer ulos Torang Sitorus.
Cendera mata berupa ulos kebanggaan masyarakat batak, dibagikan untuk 70 orang peserta pertemuan tahunan yang terdiri dari para pemimpin dan pengambil kebijakan keuangan dunia.
Ulos harungguan itu sendiri ditenun langsung oleh para penenun di daerah Toba Samosir sejak awal Maret 2018 lalu.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon