Wednesday, 30 May 2018

Jelang Pilkada. Dua Kubu Pendukung Paslon Bupati-Wakil Bupati Taput Terlibat Debat Di Medsos

Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2018, dua dari tiga kubu pendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Utara terlibat debat dalam sebuah grup facebook.
Grup facebook Menuju Tapanuli Utara I yang di koderasi oleh Malwin Sitompul dan Parlindungan Sihombing tersebut, merupakan grup facebook terbuka untuk publik dengan jumlah anggota mencapai 91.500 orang lebih.

Grup facebook yang pada dasarnya di buka sebagai wadah kekeluargaan, tempat bertukar informasi, berbagi ide, wacana, kritik dan saran untuk kemajuan Taput dan sekitarnya itu, juga menjadi tempat bertemunya ketiga kubu pendukung paslon Bupati dan Wabub Tapanuli Utara.

Ketiga kubu tersebut masing-masing merupakan pengguna facebook pendukung paslon nomor urut 1 yakni Nikson-Sarlandy, paslon nomor urut 2 yakni Jonius TP. Hutabarat-Frenky P. Simanjuntak dan paslon nomor urut 3 yakni Chrismanto L. Tobing-Hotman P. Hutasoit.

Selain mengunggulkan paslon masing-masing, kubu pendukung para pasangan Cabub dan Cawabub Tapanuli Utara juga terlihat saling debat dan saling sindir, satu sama lain.

Bahkan tak jarang hal-hal yang menyulut emosi diposting oleh beberapa anggota grup antar pendukung.
Ironisnya, nama sang juara Indonesian Idol 2018 Maria Simorangkir ikut diseret dalam sejumlah postingan terkait rencana kehadiran Maria Simorangkir dalam mengisi acara kampanye akbar salah satu Pasangan Cabub/Cawabub Tapanuli Utara.

Menurut beberapa anggota grup facebook Menuju Tapanuli Utara 1, kehadiran Maria Simorangkir dalam mengisi acara kampanye akbar salah satu pasangan Cabub/Cawabub Taput tersebut dianggab melanggar kontrak kerjanya dengan salah satu pihal lebel musik tanah air yang telah Maria Simorangkir tanda tangani.

Jelang pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang, peta politik ketiga Paslon Bupati-Wakil Bupati di Tapanuli Utara, sesuai analisa salah satu anggota grup facebook MTU 1, yakni Manat Gultom menyebutkan bahwa Paslon 1 dan 3 bersaing ketat merebut suara di tiga kecamatan tenggara yakni Garoga, Pangaribuan dan Sipahutar. Kharisma ayahanda Chrismanto yang selama 10 menjabat memengaruhi simpatisan kpd paslonbup nomor 3. Pada pemilukada 2013 silam kita mencatat bhwa Saurma sebagai pihak dari Toluto waktu itu mendulang suara sebagai pemenang. Tetapi pada tahap kedua, Nikmat menjadi pemenang.

Kecamatan Sipahutar yg secara psikologis antropologis dihuni marga sibagot nipohan ( Simanjuntak ) akankah dapat memberikan suara kpd paslon 3( JTP- Frengki Simanjuntak?  Posisi marga yg bertalian dgn tuan dibangarna ( silitonga dan panjaitan ) dimungkinkan bersimpati kepada keduanya. Begitu juga simanjuntak di Hutabaginda Trt yg mayoritas simanjuntak. PGM pada wilayah onder afdeling silindung secara geopolitik akan memberikan suara secara berimbang kepada ketiga paslon.

Sedangkan di 4 wilayah kecamatan di Pahae, kharisma NN dengan ayahanda Chrismanto berkompetisi sehat. Sementara dukungan kepada paslon nomor 3 dapat berubah untuk meningkat jikalau tim atau relawan JTP-Frends bekerja bersimpatik. Lima hari pulbaket di 180 desa di 15 kecamatan pada awal mei silam, dapat menggarisbawahi secara menyerap, mendengar,menyimpan informasi keterangan bahwa pengaruh petahana dimungkinkan menang berselisih diatas 7% dari dua kandidat lainya. Masyarakat mengetahui program program pusat yang bersentuhan kpd warga langsung adalah oleh karena bupati sekarang melaksanakanya sesuai pencerkinan hukum. Hal ini menurut kalangan tertentu akan sebagai posisi menguntungkan petahana.

Sementara di luar posisi geopolitik pemilih di kantong kantong suara, yakni pihak pendukung JTP- Frends di dumay seperti MTU1 dikeluhkan karena sikap; mengolok olok pihak paslon 1 dengan haters2 yang memberi tanggapan. Perilaku menyerang kepada pihak yg berseberangan tentu menimbulkan gerusan psikologis kepada pihak paslon yg dibela.
Pulbaket informasi di lapangan dan dari pengguna dumay/MTU1 adalah satu kesatuan psikologis dalam rangka mobilisasi massa. Hal itu tak bisa dipungkiri. Karena medsos sdh merupakan media dan corong hati nurani seseorang secara bersimpatik atau tak bersimpatik kpd 1 paslinbup.



Artikel Terkait