Saturday, 12 May 2018

Pemprov Sumut Optimis Geopark Kaldera Toba Masuk UGGN

Masuk dalam geopark Nasional, Kaldera Toba terus diupayakan agar masuk kedalam geopark global dibawah naungan UNESCO.
Penataan dilapanganpun terus di genjot oleh pemerintah Provinso Sumatera Utara bersama Kabupaten/Kita di kawasan kaldera Toba.

Pada tahun 2014 silam, geopark kaldera toba masuk dalam daftar usulan geopark global hingga tahun 2015, akan tetapi usulan tersebut sepertinya belum memenuhi syarat hingga usulan itu ditolak oleh UNESCO. Pun demikian, pemerintah tidak berhenti disitu saja hingga pada tahun 2017, geopark kaldera toba kembali diusulkan.

Sesuai informasi, dalam waktu dekat atau sekitar bulan Juni 2018 mendatang, tim Asesor dari UNESCO akan turun langsung melakukan peninjaua dan penilaian layak tidaknya geopark kaldera toba menjadi geopark global. 
Pemprov Sumut terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota hingga tingkat Kecamatan dan Desa di kawasan Geopark Kaldera Toba untuk turut mendukung program Geopark Kaldera Toba agar layak menjadi Geopark Dunia. Dan tentunya, dukungan paling yang diharapkan tidak lepas dari dukungan masyarakat kawasan Geopark Kaldera Toba untuk ikut berpartisipasi menjaga dan melestarikan keindahan dan kebersihan Danau Toba.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon