Monday, 4 June 2018

Jemput Bola. Dukcapil Kabupaten Samosir Lakukan Pelayanan Hingga Kepelosok Desa

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Samosir, laksanakan pelayanan administrasi kependudukan hingga ke pedesaan di Kabupaten Samosir.

Didukung dengan adanya fasilitas mobil pelayanan keliling administrasi kependudukan Kabupaten Samosir, pelayanan administrasi yakni akte nikah, akte kelahiran, akte cerai dan akte kematian serta kartu keluarga dan kartu tanda penduduk semakin cepat.

Pelayanan keliling yang sudah berjalan sejak tahun 2017 tersebut, merupakan salah satu langkah yang dinilai mampu mengurai antrian warga Samosir yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan di kantor Dinas Dukcapil Samosir.

Selain itu, pelayanan administrasi yang kini menjangkau warga Samosir hingga ke pedesaan tentu sangat menguntungkan warga Samosir, baik dalam hal waktu maupun materi karena warga tidak harus ke kantor Dinas Dukcapil Samosir yang terletak di kompleks perkantoran Parbaba.


Pelayanan keliling administrasi kependudukan ini juga tergolong cukup cepat, dengan dokumen persyaratan yang lengkap untuk setiap jenis urusan kependudukan warga, dapat selesai hari itu juga kecuali untuk urusan KTP-elektronik yang memang sedikit rumit akibat koneksi internet yang sering trouble dari pusat dan kendala teknis lainnya. Untuk kendala ini, sebelumnya Komisi I DPRD Kabupaten Samosir sudah pernah audiensi langsung ke DitJen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia untuk menyampaikan  kendala dan juga keluhan masyarakat terkait masalah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El) pada bulan Januari 2018 lalu.

Sesuai informasi yang diperoleh dari Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Samosir, kegiatan pelayanan keliling administrasi kependudukan tersebut masih terus berlangsung dengan jadwal pelayana  yang sebelumnya sudah disampaikan ke Desa dan Kelurahan se Kab.Samosir melalui Kecamatan.
Nah..bagi anda yang ingin mengurus administrasi kependudukan, silahkan konfirmasi ke kantor Desa/Kelurahan masing-masing.




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon