Saturday, 2 June 2018

Pengerjaan Kapal Ro Ro Danau Toba Akan Segera Rampung

Untuk mendukung mobilitas masyarakat dan wisatawan menuju Pulau Samosir, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membangun dua kapal penyeberangan berjenis Ro-Ro GT 300.
Kapal ferry yang memiliki panjang 48,5 meter dan lebar 12,6 meter dengan kapasitas 300 "gross tonnage" (GT) tersebut mampu menampung 280 penumpang dan 32 kendaraan roda empat.

Pembangunan kapal ferry Ro Ro GT 300 dikerjakan oleh PT Dok Bahari Nusantara, dengan kontrak 15 bulan, terhitung sejak tanggal 28 Agustus 2017 di Parparean II Kecamatan Porsea Kab. Toba Samosir.

Saat ini proses pengerjaan kapal ferry tahap I yang melayani penyeberangan menuju Pulau Samosir tersebut sudah mencapai 70% dan akan rampung pada bulan November 2018 memdatang sehingga kapal ferry Ro Ro GT 300 ini nantinya akan mulai beroperasi pada bulan Desember 2018 mendatang.
Rencananya, kapal berbobot 300 GT ini akan beroperasi melayani penyeberangan dari Pelabuhan Ajibata Tobasa menuju Pelabuhan Simanindo-Samosir. Untuk pengerjaan pelabuhannya sendiri juga sedang dikebut agar dapat digunakan pada bulan Desember 2018 mendatang.

Kehadiran kapal ferry berjenis Ro Ro GT 300 ini, tentunya akan menambah jumlah kapal penyeberangan di Danau Toba yang sebelumnya sudah di layani dengan 2 unit kapal ferry milik pemerintah yakni KMP Sumut I dan II dan 2 unit kapal ferry milik swasta yakni KMP Tao Toba I dan II.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon