Wednesday, 6 June 2018

Pusat Penjualan Souvenir Tomok. Masuk Dalam Ajang Anugerah Pesona Indonesia 2018

Keindahan Danau Toba dengan segudang situs bersejarah di daerah sekitarnya, menjadi daya tarik yang mampu memikat para wisatawan. Selain memiliki catatan sejarah yang panjang tentang latar belakang terbentuknya danau toba akibat letusan gunung toba ribuan tahun silam, danau toba juga menjadi salah satu dari 10 objek wisata prioritas yang saat ini di kembangkan oleh pemerintah.
Samosir sebagai pulau yang di kelilingi danau toba, menjadi salah satu daerah di kawasan danau toba yang ikut berbenah dalam hal destynasi wisata. Daerah yang kini di kenal dengan tagline "Samosir Negeri Indah Kepingan Surga" itu menawarkan aneka ragam objek wisata yang asik untuk di kunjungi. Mulai dari objek wisata di tepian danau toba, situs sejarah, wisata rohani dan sejumlah objek wisata alam yang tak kalah menarik.
Jauh sebelum pengembangan beberapa objek wisata di Pulau Samosir, kawasan tujuan wisata yang ada di Kecamatan Simanindo, yakni Tomok dan Tuktuk Siadong, sudah terlebih dahulu dikenal masyarakat luas khususnya para wisatawan.

Kecamatan Simanindo menawarkan objek wisata makam Raja Siallagan, Batu Persidangan dan pusat pasar souvenir yang juga di dukung oleh fasilitas penginapan/hotel dan restaurant yang sudah memadai. Tak heran jika Anugerah Pesona Indonesia mengikutsertakan pusat penjualan souvenir khas Batak yang ada di tomok dalam ajang Pariwisata Terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI untuk kategori Objek Wisata Belanja Terpopuler 2018. Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada Obyek dan Tujuan Wisata Terpopuler di Indonesia merupakan ajang Apresiasi pilihan masyarakat (people choice) secara langsung yang mengajak dan melibatkan peran serta seluruh elemen masyarakat daerah dari Kabupaten, Kota, hingga di Provinsi untuk bekerja bersama-sama memberikan apresiasi, serta menjadikan Pariwisata daerahnya menjadi yang terbaik dan terpopuler. Kegiatan ini juga bertujuan mengangkat potensi pariwisata yang ada di perkotaan hingga pelosok daerah di Indonesia.
Dari sekian banyak lokasi tujuan wisata di Kabupaten Samosir, Pusat Penjualan Souvenir Khas Batak yang berada di Tomok menjadi satu-satunya objek wisata yang masuk mengikuti ajang tersebut. Pusat penjualan souvenir khas batak ini berada di sepanjang jalan lebih 1 kilometer yang menyediakan berbagai jenis cinderamata seperti kaus tulis, pakaian adat Sumut, gantungan kunci, patung khas, alat musik, dan sebagainya. Pasar sangat ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan khususnya hari libur dan tahun baru.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon